ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PENERAPAN P5 PADA KURIKULUM MERDEKA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD INPRES 3 TALISE
Abstract
This study aims to determine teacher strategies, impacts, obstacles in implementing P5 in the Independent Curriculum to shape the character of students at SD Inpres 3 Talise. Using descriptive methods quantitative approach. The results of the research obtained in the application of P5 were carried out in grades I and IV, teacher strategies in the application of P5 such as: planning the implementation of P5, planting concepts, collaborating with parents, implementing P5 and conducting evaluations. The impact that arises such as increasing critical thinking skills, can improve the school environment, increase motivation, increase creativity and improve social skills of students. And the obstacles are the constraints of learning facilities and the constraints of students who are less active. This research uses questionnaires to determine teacher activities in the application of P5, researchers analyze questionnaires that in grade I teacher activities in the application of P5 are not often carried out while in grade IV teacher activities often apply P5.
References
Amalia. R, 2023 “Evaluasi Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMKN 1 Prabumulih”. Platfom blog (akses tanggal 5 Oktober2023)
Annam, F. Lestari, M. Okvisari, R. Hasanah, T. Handayani, V. 2024. Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol: 1, No 2.
Anisatus, S. Nuroso, A. Subekti, E. & Nikmah, U. 2022. Implementasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Aspek Beriman Dan Berakhlak Mulia Kelas 1 SD Supriyadi Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Arriani, F. 2019. Orang Tua Sebagai Penanam Nilai Pancasila Untuk Anak Usia Dini Di Era Digital. JECE (Journal of Early Childhood Education), 1(2), 60-68.
Hamalik, O. 2019. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanna. J. I., 2023 “Mengenal Gaya Hidup Berkelanjutan P5 dalam upaya Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Siswa” (akses tanggal 26 Juli 2023) https://mediaindonesia.com/hurmaniora//599620 Mengenal Gaya Hidup Berkelanjutan P5 dalam upaya Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Siswa (mediaindonesia.com).
Hidayati, V. 2022. Pengaruh Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Motivasi Peserta didik Kelas X di SMAN 1 Payung Sekaki. Jurnal Edu Science, 9(3), 707-716.
Kahfi, A. 2022. Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Peserta didik di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. 2022. Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687.
Rifa'i, A. & Anni, C. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pembangunan MKU/MKDK-LP3 UNNES.
Sari, A, P. Zumrotun, E. & Sofiara, N. 2023 Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Kependidikan, Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara.
Setiawan, A. Ahla, S. & Husna, H. 2022 “Konsep Model Inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, Dan Kurikulum Merdeka (Literature Review),” AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam (June 1, 2022): 54–77. 10.
Sopiatin. P. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung Alfabeta.
Suragala, F. 2021. Psikologi Pendidikan (Implikasi dalam Pembelajaran). Depok: Rajagrafindo Persada.
Taufiq, A. Prianto P. P & Mikarsa H. L. 2012. Pendidikan Anak di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Trianto. 2019. Model Pembelajaran Terpadu (cetakan-9). Jakarta: Bumi Aksara.
Ulandari, S. & Dwi, D. 2023. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai. JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN 8(2), 116–132.
Usmar, A. 2017. Model-Model Pengembangan Kurikulum dalam Proses Kegiatan Belajar. Jurnal An-Nahdhah.
Yuanita, A. 2023. Implementasi P5 dengan Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Peserta Didik Pada Pkbm. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.