UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI SD INPRES 3 TONDO

  • Ni Ketut Oktariani STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • I Wayan Budiagus Putrayasa STAH Dharma Sentana Sulwesi Tengah
  • Putu Satya Narayanti STAH Dharma Sentana Sulwesi Tengah
Keywords: Upaya Guru, Karakter, Disiplin

Abstract

It is important to instill discipline in every person so that good character values ​​emerge. The importance of strengthening disciplined character is because currently there is a lot of deviant behavior occurring. This research aims to determine teachers' efforts to instill discipline character. The method used in this research is a qualitative descriptive method, primary data sources were obtained from 13 teachers consisting of 12 grade 1 principal teachers. Data collection techniques in this research used observation, interview and documentation techniques. The research results obtained show that teachers use several efforts to instill discipline character, namely example, rules, habituation, praise and punishment. Supporting factors in instilling students' disciplined character are supervision or control from the school principal, teachers being directly involved with students, awareness within students. Meanwhile, the inhibiting factors are the students' parents and the environment. The efforts made by teachers at SD Inpres 3 Tondo have achieved good results. With the efforts used by teachers in instilling a disciplined character in students, students can apply discipline to the environment and also to themselves. For example, students are orderly in their studies, come to school on time, and obey existing school rules, and respect teachers or respect their elders.

References

Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. 2021. Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(6), 5213-5220.

Amir, M.F., dkk. 2019. Peran Guru Sebagai Evaluator: Studi Pada Pembelajaran PPKN Di MA Hidayatus Shibyan Parit Naim. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Khatulistiwa, 8(3).

Annisa, F. 2019. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 69-74.

Azhar, I. 2018. Pengaruh Penggunaan Absens Sidik Jari (Fingerpint) dan Pemberian Hukuman (Punishment)Terhadap Kedisiplinan Siswa. Darajat : Jurnal PAI, 1(2),120-132.

Azizah, F.K., & Maknul, L.L. 2022 . Pengembangkan Karakter dan Keterampilan Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2),1-15.

Bali, M. M. E. I., & Naim, A. 2020. Tipologi interaksi sosial dalam meningkatkan karakter disiplin siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 47-62.

Fadillah, N. 2014. Penanaman Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Hadianti, L. S. 2017. Pengaruh Pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa (Penelitian deskriftif analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan UNIGA, 2(1), 1-8.

Harianti, D. 2020. Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik di apple tree pre-school lombok. Adiba: Journal of Education.

Haryono, S. 2016 Pengaruh Pendidikan dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ilmiah Kependidikan,3(3) ,261-274).

Kusumayanti, N. P., Khairunisa, K., & Jiwandono, I. S. 2021. Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas IV SDN 16 Cakranegara. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.

Kusumayanti, N. P., Khairunisa, K., & Jiwandono, I. S. 2021. Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas IV SDN 16 Cakranegara. D idaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.

Ma'ruf, M. 2018. Membangun Kedisiplinan Siswa Melalui Aktivitas Keagamaan (Studi Kasus di SMKN 1 Grati Pasuruan Jawa Timur). Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 451-468.

Nahar, Novi Irwan. 2016. Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial).

Noor, R. M. 2012. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif di Sekolah dan di Rumah. Yogya

Noviatri, N. 2014. “Kontribusi Keteladanan Guru dan Pola asuh Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta Tahun 2013/2014”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.

Putri, D. P. 2018. Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di era digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).37-50.

Rohman, A,A & Karimah, S. 2018 . Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. :Jurnal Provit. 4(2): Halaman 203-213.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. 2021. Peran guru dalam mewujudkan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158-7163.

Sanjani, M. A. 2020. Tugas dan peranan guru dalam proses peningkatan belajar mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35-42.

Sugiono.2016. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.

Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. 2022. Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460-476.

UNICEF. 2019. Vilot Discipline Data BasE. Retrieved feom Data. Org Website: https://data . unicef.org/-topc/child-protection/violence/violent-discpline.

Yusanti, D., & Kistian, A. 2020. Analisis Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter di SD Negeri Gunung Keling. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Zulkarnain, D. 2019. Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Pada Siswa Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 27-36.

Published
2024-11-02
How to Cite
Oktariani, N. K., Putrayasa, I. W., & Narayanti, P. (2024). UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN PADA PESERTA DIDIK DI SD INPRES 3 TONDO. JATMIKA : Journal Education and Learning of Elementary School, 2(2), 138-152. https://doi.org/10.36417/jels.v2i2.689