PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD INPRES REJEKI
Abstract
Guru adalah seseorang yang memiliki peran strategis, karena keberadaannya sangat penting dan berkaitan dengan keberhasilan serta kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Inpres Rejeki, penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, cara pengumpulan data melalui observasi dan wawancara secara langsung. Berdasarkan hasil penelitian, upaya yang di lakukan guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah membentuk kelompok belajar, menggunakan metode demonstrasi dan metode jigsaw, melakukan diskusi atau tanya jawab, melakukan games, memberikan motivasi, memberikan buku cetak, menggunakan alat peraga, media gambar ataupun video, menerapkan kurikulum K13 dan kurikulum merdeka dan melakukan ceramah. Faktor yang dapat menghambat guru dalam meningkatkan prestasi belajar, siswa kurang disiplin, siswa malas ke sekolah, orang tua yang kurang mendukung, alat peraga yang belum dimiliki. Faktor pendukung guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, lingkungan sekolah yang mendukung, perangkat pembelajaran, fasilitas pembelajaran.