HAMBATAN GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN 9 MAMBORO
Abstract
This research aims to determine teachers' obstacles as well as ways to overcome and supporting factors for teachers to improve student learning outcomes at SDN 9 Mamboro. The method used is qualitative research in the form of descriptive data using three data collection techniques consisting of: observation, interviews and documentation. The technique for determining informants in this research uses a purposive sampling technique. The results of the research show that there are obstacles experienced by teachers in improving the learning outcomes of lower class students, namely: low student ability in calistung, students playing more than studying, students making more noise when studying. And high class, namely: lack of understanding of the material provided by the teacher, students' different grasping abilities, difficulty in using IT technology and the teacher cannot convey the material in full. The ways teachers overcome obstacles in improving the learning outcomes of lower class students are: approaching students, providing stimulus in calistung, inviting students to sing, forming student study groups. And high class, namely: observing students, the teacher guiding the students one by one, and providing motivation.
References
Abdilah, W., & Jogiyanto. 2019. Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris. Fakultas Ekonomi: Universitas Gadjah Mada.
Ahadin, I. S., Said D., Nurmasyitah, & Afdal, H.. 2023. Implementasi Kegiatan Ekstrakulikuler Kepramukaan untuk Menumbuhkan Minat Siswa SD Negeri Unggul Keude Bieng Aceh Besar. Jurnal Penjaskesrek.
Aida N. K., Ayi S., & Dinar N. I., 2023. Program Kerjasama Sekolah dan Orang Tua Melalui Gerakan Literasi di TK/Playgroup X. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD.
Amelia, N., & Dafit, F. 2023. Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran
Amin, A., & Ramdan, D. 2022. Pola Komunikasi Guru dengan Murid di Perguruan Pencak Silat Gadjah Putih. Buana Komunikasi: Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi.
Ani, A. 2020. Analisis Minat Belajar Siswa SD Menggunakan Pembelajaran Open Ended. Jurnal Muara Pendidikan.
Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar.
Fauziah, S. L. 2022. Pendampingan Belajar pada Bidang Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Masa Transisi. Jurnal Basicedu.
Hakeu, F., Pakaya, I. I., & Tangkudung, M. 2023. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran di MIS Terpadu Al-Azhfar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiya.
Harahap, D. P. 2020. Penggunaan Metode Silabel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Kesehatan.
Hasyim, A., & Hayati, N. A. 2023. Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan E-Learning sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru.
Ilma S. S., Arya C. W., Devyanne O., Jessica A. D. E. T., & Prihantini. 2022. Pentingnya Keterampilan Variasi Mengajar Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang.
Irham, M. & Wiyani, N. A. 2013. Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. 2023. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia.
Jalanidhi, D. 2017. Identifikasi Hambatan Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Inklusif SD Negeri 2 Petir Piyungan, Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika.
Kurniawati, E., Sutarjo, A., & Wardana, D. 2019. Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV SD Negeri Banjarsari 5 dalam Menentukan Ide Pokok Paragraph.
Mukhtar, A. 2015. Pengertian Belajar. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. 2022 . Hambatan Guru Matematika dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan.
Panjaitan, N. A., & Suriadi, A. 2023. Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan Metode Belajar Sambil Bermain. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi.
Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran.
Samsuri. 2018. Pengaruh Seni Bernyanyi Terhadap Daya Ingat Anak Usia Dini. Bunayya, Jurnal Pendidikan Anak.
Saputra, B., & Herliana, A. 2023. Pengembangan Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar Menggunakan Unity. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI).
Sekarsari, F. D. F. P., Wicaksono, A. G., & Sarafuddin. 2023. Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIA).
Sumani. 2019. Upaya Guru dalam Menangani Perilaku Kenakalan Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Suryani, S., Syam, A., & Nurdiansah, N. 2023. PKM Pelatihan dan Pendampingan Implementasi TIK dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guru SD Negeri Bulurokeng. Jurnal SOLMA.
Wicaksono, A. H., Supianto, A. A., Wijoyo, S. H., Krisnandi, D., & Heryana, A. 2022. Klasifikasi Siswa Slow Learner untuk Mendukung Sekolah dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer.
