PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SD INPRES SALUMONI

  • Ni Putu Novi Artini STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Ni Made Mega Hariani STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • I Made Nuhari Anta STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui model Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SD Inpres Salumoni. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, dari setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 87,5% (baik). Pada siklus II meningkat menjadi 95,31% (sangat baik). Hasil belajar siklus I diperoleh 27 siswa yang tuntas dan 7 siswa tidak tuntas dengan persentase daya serap klasikal 76,61% dan ketuntasan belajar klasikal 79,41%. Hasil belajar siklus II diperoleh 30 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas, diperoleh daya serap klasikal 77,5% dan ketuntasan belajar klasikal 88,23%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD Inpres Salumoni dalam pembelajaran IPA.

References

Bungin, B. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif-Pemahaman Filisosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.

Depdiknas. 2007. Kajian Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.

Imron, F. I. 2016. Pengaruh Penerapan Pendekatan Scientific dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol. 1 (2): 59-66.

Pratiwi, R. D. 2013. Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri Randugunting 4 Kota Tegal. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 6 (1): 13-28.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sakinah. 2016. Penarapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran di Kelas VIII Kota Benda Aceh.

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saur, M. T. 2013. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuwan. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Sri, H. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA pada Pembelajaran PKn di MI NW Kawo Tahun Ajaran 2018/2019. Mataram: Universitas Muhamadiah Mataram.

Sudarmiasih, N. W. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IX SMP Pesraman Jagatnatha Palu. Skripsi (tidak diterbitkan). Palu: STAH DS Palu.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2023-12-30
How to Cite
Artini, N. P., Hariani, N. M., & Anta, I. M. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SD INPRES SALUMONI. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 14(2), 142-150. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v14i2.414