STRATEGI GURU AGAMA HINDU DALAM MENGAJAR PADA MASA PANDEMI C0VID-19

  • Ni Wayan Satridevi STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Ni Luh Ayu Eka Damayanti STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
  • Sugiarti Sugiarti STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah
Keywords: Strategi Guru, Mengajar, Pandemi Covid-19

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama Hindu dalam mengajar pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Inpres Dwipa Karya, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah dan untuk mengetahui kendala dan upaya yang dilakukan oleh guru agama Hindu dalam mengajar pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian: deskriptif kualitatif. Metode observasi menggunakan observasi nonpartisipan. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Inpres Dwipa Karya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan strategi guru agama Hindu dalam mengajar pada masa pandemi Covid-19: Menentukan ide konsep strategi pembelajaran; Perencanaan strategi: guru membuat Silabus, RPP. Metode pembelajaran: home visit method, assignment method. Media pembelajaran: buku agama Hindu budi pekerti, upadesa. Kegiatan pembelajaran: pendahuluan, kegiatan inti, penutup; Pelaksanaan strategi pembelajaran: melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan metode home visit dan assignement method. Kendala: keadaan lingkungan kurang kondusif; kurangnya fasilitas pembelajaran. Upaya: membuat lingkungan menjadi nyaman untuk belajar; menyediakan buku materi pelajaran untuk siswa.

References

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Rosda Karya.

Iskandarwassid dan H. Dadang Sunendar. 2011.Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nahel, Bintu. 2012. Pengertian Buku Siswa. (online), (http://www.id.shvoong.com/socialsciences/education/2251813-pengetian buku-siswa/, diakses 2 Oktober 2013.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Putri Ayusi Perdana, dkk. 2020. Strategi Pembelajaran melalui Daring dan Luring selama Pandemi Covid-19 Di SDN Sugihan 03 Bendosari.Sukoharjo: Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Rusman. (2012) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta. Halaman 258.

Published
2023-12-30
How to Cite
Satridevi, N., Damayanti, N. L., & Sugiarti, S. (2023). STRATEGI GURU AGAMA HINDU DALAM MENGAJAR PADA MASA PANDEMI C0VID-19. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 14(2), 118-130. Retrieved from https://jurnal.dharmasentana.ac.id/widyagenitri/article/view/441