DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA HINDU DI KOTA PALU
(Studi Kasus Pada PC KMHDI Palu)
Abstract
Media sosial menjadi sebuah kebutuhan bagi mahasiswa untuk saat ini, karena selain sebagai sarana komunikasi, juga berguna untuk memperoleh berbagai informasi, baik yang berkaitan dengan keagamaan, keilmuan, maupun hiburan. Namun, tidak semua mahasiswa bijak dalam menggunakan media sosial, ada dampak-dampak yang ditimbulkan bagi penggunanya. Penelitian ini mengangkat dua permasalahan yaitu; 1) Penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa Hindu pada Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Palu (PC KMHDI Palu), 2) Dampak media sosial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Hindu pada Pimpinan Cabang Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia Palu (PC KMHDI Palu). Kedua permasalahan tersebut akan dibedah menggunakan Teori Uses and Gratification (U & G) dan Teori S-O-R (Stimulus Organism Respons). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa Hindu, yaitu; a. sebagai sarana memperoleh informasi keagamaan, b. sebagai sarana promosi penjualan banten, dan c. sebagai sarana ekspresi diri dan mencari hiburan. 2) Dampak media sosial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Hindu yaitu, dampak positif; a. lebih toleransi antarumat beragama, b. terbuka terhadap keragaman budaya Hindu, dan c. semangat dalam menambah pengetahuan keagamaan. Dampak negatif; a. mahasiswa menjadi malas dan menunda-nunda waktu, b.kurang peduli dengan lingkungan sekitar. Diharapkan agar penelitian ini bisa dibaca dan menjadi acuan oleh mahasiswa Hindu khususnya yang ada di Kota Palu agar kedepannya bisa selalu mengingatkan tentang dampak media sosial
References
Aryawati, Alit Apriltini, S.Ag. (ASN Kemenag Bali). 2021. Susila Medsos dalam Hindu. Bali: Ditjen Bimas Hindu Kementrian Agama Republik Indonesia. https://kemenag.go.id/hindu/susila-medsos-dalam-hindu-w9atux: 11 Mei 2023
Astuti, I Gusti Ayu Putu Darmi. (Rohaniawan Hindu). 2023. Ajaran Hindu tentang Bijak Bermedia Sosial. Bali: Ditjen Bimas Hindu Kementrian Agama Republik Indonesia. https://bimashindu.kemenag.go.id/dharma-wacana/ajaran-hindu-tentang-bijak-bermedia-sosial-d4JY8: 11 Mei 2023
Bazarova, N. N., & Choi, Y. H. 2014. Pengungkapan Diri di Media Sosial: Memperluas Pendekatan Fungsional untuk Pengungkapan Motivasi dan Karakteristik Sosial Situs Jaringan. Journal of Communication, 64(4), 635–657.
Indiraphasa, Nuriel Shiami. 2021. Media Sosial sebagai Sarana Peningkatan Toleransi Beragama. Balitbang Kemenag. https://www.nu.or.id/balitbang-kemenag/media-sosial-sebagai-sarana-peningkatan-toleransi-beragama-AsmoP: 17 Mei 2023
Khosyatillah, Alfin. 2018. Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Keagamaan (Studi Kasus 7 Mahasiswa Jurusan Studi Agama-Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya). Tesis Pascasarjana, Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Moehar, Daniel. 2002. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: Bumi aksara.
Morissan. 2013. Efek Media. In Morissan, Teori Komunikasi Individu Hingga Massa (p.509). Jakarta: Kencana.
Novitalia, Yola. 2020. Pemanfaatan Media Sosial dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Remaja di Desa Benteng Utara Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indra Giri Hilir Provinsi Riau. Skripsi. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.
Safitri, Faizah Zahra dan Ahmad, M. Ridwan Said. “Dampak Dakwah di Media Sosial (Studi pada Perilaku Keagamaan Mahasiswa Komunitas Al-Furqon Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar)”. Pinisi Journal Of Sociology Education Review, vol. 1, no. 1, 2021, p. 9.
Siregar, Ainun Adilah. 2021. Dampak Media Sosial terhadap Perilaku Keagamaan Mahasiswa Perbankan Syariah Semester 6 IAIN Padangsidimpuan. Skripsi (Tidak Diterbitkan) Medan: Prodi Studi Agama-agama Fakultas Ushulludin dan Studi Islam, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.
Yasir. 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi. Pekanbaru: Pusat Pengembangan Pendidikan Universitas Riau.
Yuriani, Yurani. “Identifikasi Perilaku Narcissistic Personality Disorder Sebagai Dampak Penyalahgunaan Media Sosial Serta Implikasinya Bagi Layanan Bimbingan dan Konseling (Survei pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten)”. Jurnal Ilmu Komunikasi Buddha, vol. 1, no. 2, 2021, p. 18.
Zimmerer, Thomas. Dkk .2008. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.
Copyright (c) 2024 Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tulisan/artikel yang dimasukan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten. Tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi yang mereka dan bukan tanggung jawab Widyagenitri dan staff redaksi nya. Penulis utama (Pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua Izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.