NILAI PENDIDIKAN DALAM GEGURITAN BASUR

  • Ni Nyoman Suastini STKIP Agama Hindu Singaraja
  • Made Ayu Jaya Jayanti STIKIP Agama Hindu Singaraja
  • I Putu Ari Sudiada STIKIP Agama Hindu Singaraja
  • Komang Tari Krismayanti STIKIP Agama Hindu Singaraja
Keywords: Nilai, Pendidikan, Geguritan Basur

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menerapkan metode penelitian deskriptif kualitatif. Langkah yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu menerapkan teori  Miles dan Huberman. Ada tiga tahapan yang diterapkan antara lain: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Reduksi data yaitu data yang diperoleh diuraikan secara rinci. Tahap ini peneliti mereduksi data dengan memilih faktor-faktor penting. Memilih data adalah memilih data yang akan dibahas, seperti pemilihan nilai pendidikan dalam Geguritan Basur yang disimpulkan dan memperoleh data mentah. Setelah proses reduksi dilakukan deskripsi data, yaitu penyajian kumpulan data secara sistematis. Pada tahap akhir, data-data diperiksa dapat diambil kesimpulan dan pemecahan masalah dari rumusan masalah di atas berdasarkan hasil yang diperoleh. Pada tahap ini peneliti mengkaji data untuk menarik kesimpulan untuk dapat menjawab masalah penelitian serta pengambilan kesimpulan dimulai sejak membaca naskah atau Geguritan Basur dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Para peneliti telah menemukan struktur dengan unsur intrinsik tertentu, yaitu: (1) Awal, inti dan akhir, (2) Faktor internal Geguritan Basur, meliputi: Alur, latar, penokohan, tema dan lagu. Adapun nilai-nilai edukasi yang terdapat pada Geguritan Basur antara lain: Nilai pendidikan umum meliputi nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan local genius dan nilai pendidikan Hindu berdasarkan kitab Weda.

References

Fraenkel, Jack R., and Wallen, Norman E. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Universitas Michigan: McGraw-Hill.

Indonesia, R. (2003). Presiden republik indonesia.

Menteri, P., Nasional, P., & Tahun, N. (2006). No Title. 1–8.

Mulyawati, T. (2017). Tjok Mulyawati - Laporan Penelitian - KAJIAN STRUKTUR DAN NILAI GEGURITAN BASUR. 1–55.

Okta Era Yati Ni Made, Tjok Istri Agung Mulyawati R, N. M. S. (2016). Geguritan Anggastya; Analisis Struktur Dan Fungsi. 17, 209–216.

Sudarsana, I. K. et. a. (2020). Geguritan Tamtam Kajian Nilai Pendidikan Agama Hindu. by Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. Website: www.penerbitwidina.com

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Moleong, Lexy J. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke 1). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke 20). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2023-12-30
How to Cite
Suastini, N., Jayanti, M., Sudiada, I. P., & Krismayanti, K. (2023). NILAI PENDIDIKAN DALAM GEGURITAN BASUR. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 14(2), 131-141. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v14i2.642