NILAI PENDIDIKAN DALAM GEGURITAN BASUR
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menerapkan metode penelitian deskriptif kualitatif. Langkah yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu menerapkan teori Miles dan Huberman. Ada tiga tahapan yang diterapkan antara lain: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Reduksi data yaitu data yang diperoleh diuraikan secara rinci. Tahap ini peneliti mereduksi data dengan memilih faktor-faktor penting. Memilih data adalah memilih data yang akan dibahas, seperti pemilihan nilai pendidikan dalam Geguritan Basur yang disimpulkan dan memperoleh data mentah. Setelah proses reduksi dilakukan deskripsi data, yaitu penyajian kumpulan data secara sistematis. Pada tahap akhir, data-data diperiksa dapat diambil kesimpulan dan pemecahan masalah dari rumusan masalah di atas berdasarkan hasil yang diperoleh. Pada tahap ini peneliti mengkaji data untuk menarik kesimpulan untuk dapat menjawab masalah penelitian serta pengambilan kesimpulan dimulai sejak membaca naskah atau Geguritan Basur dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Para peneliti telah menemukan struktur dengan unsur intrinsik tertentu, yaitu: (1) Awal, inti dan akhir, (2) Faktor internal Geguritan Basur, meliputi: Alur, latar, penokohan, tema dan lagu. Adapun nilai-nilai edukasi yang terdapat pada Geguritan Basur antara lain: Nilai pendidikan umum meliputi nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan sosial, nilai pendidikan local genius dan nilai pendidikan Hindu berdasarkan kitab Weda.
References
Fraenkel, Jack R., and Wallen, Norman E. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Universitas Michigan: McGraw-Hill.
Indonesia, R. (2003). Presiden republik indonesia.
Menteri, P., Nasional, P., & Tahun, N. (2006). No Title. 1–8.
Mulyawati, T. (2017). Tjok Mulyawati - Laporan Penelitian - KAJIAN STRUKTUR DAN NILAI GEGURITAN BASUR. 1–55.
Okta Era Yati Ni Made, Tjok Istri Agung Mulyawati R, N. M. S. (2016). Geguritan Anggastya; Analisis Struktur Dan Fungsi. 17, 209–216.
Sudarsana, I. K. et. a. (2020). Geguritan Tamtam Kajian Nilai Pendidikan Agama Hindu. by Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. Website: www.penerbitwidina.com
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Moleong, Lexy J. 1988. Metodologi Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke 1). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif (Cetakan Ke 20). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Copyright (c) 2023 Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tulisan/artikel yang dimasukan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten. Tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi yang mereka dan bukan tanggung jawab Widyagenitri dan staff redaksi nya. Penulis utama (Pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua Izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.