STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA PADA PASRAMAN DI KOTA MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran yang diterapkan dalam internalisasi nilai moderasi beragama pada pasraman di Kota Mataram. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa lembaga pendidikan, termasuk lembaga pendidikan non-formal menjadi wahana penting dalam upaya melakukan internalisasi moderasi beragama. Kota Mataram merupakan kota yang heterogen, dan toleransi harus selalu dipupuk sejak dini. Mengambil lokus pasraman di Kota Mataram, karena kota Mataram memiliki jumlah pasraman terbanyak untuk di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam penelitian digunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui Observasi langsung, wawancara terstruktur dan terbuka, serta studi dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Data yang telah dianalisi kemudian diinterpretasi sesuai dengan kebutuhan penelitian. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah a) Strategi pembelajaran kooperatif, (b) strategi pembelajaran langsung dan (c) strategi pembelajaran inkuiri. Adapun metode pembelajaran yang digunakan untuk mendukung strategi pembelajaran tersebut berupa metode ceramah, metode tanya jawab, metode kuis, metode role and play, metode demonstrasi, metode tutor sebaya, metode bernyanyi, metode diskusi, metode praktek, dan metode sad dharma.
References
Anggreni, D. P. D., & Rudiarta, I. W. (2022). Pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar Agama Hindu perspektif teori belajar sosial. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(02), 142-151.
Anwar, C. (2017). Teori-Teori Pendidikan Klasik hingga Kontemporer: Formula dan Penerapannya dalam Pembelajaran. Yogyakarta: IRCiSoD.
Anwar, R. N., & Muhayati, S. (2021). Upaya Membangun sikap Moderasi beragama melalui Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 1-15.
BPS Kota Mataram. (2022). Kota Mataram dalam Angka 2022. Mataram: CV Maharani.
Cahyo, A. N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.
Fathurrohman, F. (2022). Internalisasi Nilai Moderasi Beragama pada Masyarakat Multikultural. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (Vol. 6, No. 1, pp. 1051-1057).
Habermas, J. (1984). The Theory of Communicative Action, volume I: Reason and the Rationalization of Society, trans. Mc Charty. Boston: Beacon Press.
Khoeron, M. (2021). Pencanangan Tahun Toleransi 2022 tersedia pada https://kemenag.go.id/read/pencanangan-tahun-toleransi-2022, akses pada 17 Desember 2022.
Menteri Agama. (2014). Peraturan Menteri Agama Nomor 56 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Hindu. Jakarta: Kementerian Agama.
Menteri Agama. (2020). Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agama Nomor 56 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Keagamaan Hindu. Jakarta: Kementerian Agama.
Munawaroh, D. A. Dkk. (2022). Model & Strategi Pembelajaran. Lombok Tengah: Yayasan Hamjah Diha.
Nasution, W. N. (2017). Perencanaan pembelajaran: pengertian, tujuan dan prosedur. Ittihad, 1(2).
Putri, I. A. N. B. (2022). Strategi Pendidikan Agama Hindu Berbasis Sad Dharma. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 5(3), 125-140.
Rudiarta, I. W., & Pramana, I. B. K. Y. (2021). Mengembangkan Pembelajaran Paikem di Pasraman dalam Menyongsong Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (pp. 85-96).
Rudiarta, I. W. (2023). Penguatan Moderasi Beragama Pada Siswa Pasraman di Kota Mataram. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 6(2), 146-159.
Rumahuru, Y. Z., & Talupun, J. S. (2021). Pendidikan agama inklusif sebagai pondasi moderasi beragama: Strategi merawat keberagaman di Indonesia. KURIOS:(Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen), 7(2), 453-462.
Sani, R. A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323-348.
Sutriyanti, N. K., Marsono, M., & Supandi, I. N. A. (2019). Sad Dharma As A Learning Method Of Hindu Religious Education And Character Of 2013 Curriculum In SMP Gurukula Bangli. Vidyottama Sanatana: International Journal of Hindu Science and Religious Studies, 3(1), 109-118.
Tim Penyusun Kementerian Agama RI. (2019). Moderasi Beragama. Jakarta: Kementerian Agama.
Tim Penyusun. (2021). Buku Kurikulum Pendidikan Keagamaan Pasraman Non Formal. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu.
Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 119-138
Copyright (c) 2023 Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tulisan/artikel yang dimasukan diasumsikan tidak mengandung bahan proprietary yang tidak dilindungi oleh hak paten atau aplikasi paten. Tanggung jawab untuk konten teknis dan untuk perlindungan dari bahan proprietary merupakan tanggung jawab penulis dan organisasi yang mereka dan bukan tanggung jawab Widyagenitri dan staff redaksi nya. Penulis utama (Pertama/yang sesuai) bertanggung jawab untuk memastikan bahwa artikel tersebut telah dilihat dan disetujui oleh penulis lain. Ini adalah tanggung jawab penulis untuk mendapatkan semua Izin pelepasan hak cipta yang diperlukan untuk penggunaan setiap materi berhak cipta dalam naskah sebelum pengajuan.